Jual Fitting Lampu : Mengenal Jenis-Jenis dan Cara Mengganti Fitting Lampu

Jual Fitting Lampu

Lampu menjadi salah satu benda yang harus ada di setiap rumah maupun ruang. Sebagai penerangan, keberadaan lampu ini memang sangat dibutuhkan. Sehingga tidak heran jika Anda kebingungan saat lampu tiba-tiba rusak. Tapi ada baiknya dicek dulu mana yang rusak,  apakah lampu atau bagian fitting lampu. Jika kerusakan ada di bagian lampunya, maka Anda bisa membelinya di toko online yang jual fitting lampu.

Pada dasarnya fitting lampu ini berfungsi sebagai dudukan lampu. Jadi fitting inilah yang menghubungkan antara bola lampu dengan jaringan listrik. Saat ini tersedia banyak pilihan fitting lampu. Meski begitu, pilihlah fitting yang sudah disesuaikan dengan jenis plafon rumah Anda. 

Jenis-Jenis Fitting Lampu
1. Berdasarkan bahan
Jika dilihat dari bahannya, alat ini terbagi menjadi dua jenis. Yakni fitting plastik dan keramik. Misalnya fitting saklar dan colok. Bila menginginkan yang praktis dan simpel karena tidak perlu mencabut lampu ketika ingin mematikan lampu, maka fitting jenis ini dapat menjadi pilihannya.

2. Berdasarkan bentuk
Jika dilihat dari bentuknya, alat ini terdapat 3 jenis. Pertama adalah fitting plafon, yang mana umumnya digunakan untuk lampu yang akan ditempatkan di plafon. Kedua adalah fitting gantung, sesuai namanya alat ini dipasang dengan cara digantungkan dengan kabel. Lalu yang ketiga adalah fitting colok, dimana jenis ini diaplikasikan dengan cara dicolokkan pada stop kontak.

Hal paling mendasar yang perlu diperhatikan ketika memilih alat ini ialah dengan memprioritaskan keamanannya dan nilai praktisnya. Selain itu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. 

Misalnya saja penggunaan lampu tersebut harus sering dipindah-pindah, jadi agar lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan fitting colok. Lain halnya ketika lampu tersebut akan terus diletakkan pada titik tertentu. Misalnya lampu akan dipasang di area ruang tamu, maka fitting plafon lebih disarankan.

Setelah Anda memilih fitting lampu, maka sekarang saatnya untuk melepas fitting yang rusak dan menggantinya dengan yang baru. Mengganti alat ini tidak bisa dilakukan secara asal, jangan sampai Anda ceroboh dan justru membahayakan diri sendiri. Nah jika masih bingung bagaimana cara mengganti fitting lampu yang aman dan benar, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

1. Mematikan sumber listrik
Untuk memastikan keamanan, pastikan Anda mematikan sumber listrik sebelum mengganti fitting lampu. Ini untuk menghindari adanya sengatan arus litrik yang bisa saja terjadi ketika lupa mematikan sumber listrik. Selain itu, apabila lampu masih terpasang pada fitting, maka lepaskan lampu terlebih dulu sebelum melepas fittingnya.

2. Melepas fitting
Manfaatkan obeng untuk melepas sekrup yang mengikat fitting lampu. Setelah sekrup sudah terlepas semua, maka fitting lampu sudah bisa dilepas. Namun tetaplah berhati-hati ketika melepasnya. Sebab di bawah fitting tersebut terdapat kabel yang rentan putus jika tertarik.

3. Memasang fitting baru
Langkah selanjutnya adalah memasang fitting yang sudah dibeli di toko yang jual fitting lampu. Sambungkan kabel dengan fitting dengan memasukkan kabel ke dalam fitting, dan terakhir kencangkan sekrup hingga tidak ada kabel yang berada di luar lubang fitting.

4. Menempelkan fitting
Apabila kabel sudah terpasang dengan baik, Anda bisa langsung menempelkan fitting pada plafon dengan memasang sekrup sebagai pengaitnya. Pastikan fitting sudah terpasang dengan kencang agar tidak ada kabel yang berantakan. Setelah terpasang, maka fitting sudah bisa digunakan.

Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis fitting lampu dan melepas serta memasang fitting lampu. Usahakan tetap berhati-hati ketika melepas maupun menggantinya ya!

0 Response to Jual Fitting Lampu : Mengenal Jenis-Jenis dan Cara Mengganti Fitting Lampu

Post a Comment