Mual dan Muntah Pada Masa Kehamilan

Bagi pasangan muda yang baru saja menikah, tentu saja kehadiran sang buah hati menjadi salah satu hal yang paling dinantikan. Namun sejatinya menjalani proses kehamilan tentunya ada banyak manis pahitnya bagi sang ibu hamil. Setidaknya ibu hamil harus melewati fase gejala mual-mual dan muntah, serta rasa sakitnya ketika pertama kali harus menyusui. Terlebih pada fase mual-mual dan muntah, anda tidak usah begitu mengkhawatirkan tentang hal ini. Namun bila anda merasa mual dan muntah yang dirasa tidak wajar, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter, atau segera meminum obat muntah aksi cepat agar bisa ditangani dengan baik.  

vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui

Adapun berbagai penyebab rasa mual dan muntah yang melanda ibu hamil ini adalah biasanya sebagai berikut :

Sistem metabolisme yang berubah
Metabolisme merupakan salah satu hal yang penting dalam tubuh manusia, yang dimana metabolisme ini adalah merupakan suatu pertukaran zat di dalam tubuh yang melibatkan sel atau organisme didalam tubuh manusia. Dengan begitu perubahan metabolisme ini bisa menjadi salah satu penyebab ibu hamil merasakan mual dan muntah karena didalam tubuhnya telah terjadi perubahan zat atau organisme. 

Peningkatan kadar hormon estrogen
Peningkatan hormon estrogen pada saat menjalani kehamilan pada ibu hamil juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa mual dan muntah. Dan perlu anda ketahui juga bahwa peningkatan hormon estrogen ini juga bisa menyebabkan perubahan mood pada seorang ibu hamil. Dengan begitu banyak ditemui kasus bahwa ibu hamil sering moody dan gampang sekali untuk marah-marah.

Faktor psikologis
Salah satu faktor penyebab mual dan muntah saat hamil juga ternyata bisa diakibatkan oleh faktor psikologis juga loh. Apalagi bagi ibu hamil yang sering mengalami stress, biasanya akan mudah mengalami mual-mual dan muntah pada masa kehamilannya.

Pola makan yang tidak sehat
Sebagian wanita pastinya menyukai makanan yang pedas-pedas, kendati demikian ketika anda hamil sebaiknya menghindari terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas ini, karena akan berdampak kurang baik terhadap perkembangan janin anda. Sebaiknya anda hanya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin dan nutrisi agar kesehatan janinnya juga terjamin. Adapun berbagai makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui ataupun saat sedang mengandung adalah seperti makanan dan minuman yang mengandung vitamin B1, B6, B12, vitamin A, D, E, K dan C. Dan untuk mineralnya, bisa bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran, dan juga buah-buahan.

0 Response to Mual dan Muntah Pada Masa Kehamilan

Post a Comment