5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Sebelum mebahas Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara alami, ada baiknya tahu dulu apa sebenarnya penyebab dari bau ketiak yang menyengat pada tubuh kita. Banyak orang mengatakan bahwa bau ketiak atau bau badan yang menyengat dan tidak sedap disebababkan oleh keringat yang berlebih. Anggapan itu sebenarnya tidak sepenuhnya salah, hanya saja kurang tepat. 

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Lalu apa sebenarnya penyebab bau ketiak pada tubuh. Bau menyengat dihasilakn oleh bakteri yang disebut bakteri Staphylococcus homonis yang bercampur keringat. Nah pada tubuh manusia ada dua jenis kelenjar yang berperan dalam menghasikan keringat, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin.

Kelenjar ekrin memang menghasilkan keringat namun cenderung tidak berbau, sedangkan kelenjar apokrin yang berda didaerah badan yang mempunyai lipatan seperti ketiak, kelenjar ini sering bercampur dengan bakteri Staphylococcus homonis, itulah kenapa daerah ketiak rawan sekali mengeluarkan bau tidak sedap.

Setelah mengetahui penyebab bau ketiak yang tidak sedap, selanjutnya kita akan bahas, 7 bahan alami yang bisa mencegah dan mengobati bau ketiak yang bisa mengurangi rasa percaya diri itu. Bahan alami itu, antara lain :

1. Daun Kemangi
Sudah sejak dulu diketahui, bahwa mengkonsumsi daun kemangi bisa membuat bau badan lebih segar. Gunanya sebenarnya untuk menghilangkan bau daging atau makanan menyengat pada mulut. Namun ternyata, tumbuhan satu ini dapat menghilangkan bau ketiak karena mengandung minyak atsiri di dalamnya. Selain itu, kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik.

Untuk memanfaatkan kemangi sebagai pengusir bau ketiak, kalian dapat mengonsumsinya sebagai lalapan pada pagi dan sore hati. Teh dari rebusan kemangi yang telah di tumbuh halus juga bisa jadi pilihan yang tepat.

2. Daun Beluntas
Daun beluntas juga merupakan tanaman yang sering dijadikan untuk lalapan. Tanaman yang sering tumbuh di pinggir pantai ini dapat tumbuh liar meski tanpa dirawat. Sama seperti daun kemangi, beluntas juga mengandung minyak atsiri yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh.

3. Tomat
Mungkin kalian tidak menyangka kalau tomat juga dapat digunakan untuk mencegah bau ketiak yang tidak sedap. Tanaman satu ini mengandung antiseptik dan antibakteri yang dipercaya mencegah kuman dan bakteri yang menyebabkan tubuh menjadi bau. Kalian dapat mengonsumsi tomat secara rutin dengan diolah menjadi jus atau dimakan utuh. Selain itu, membalurkan tomat ke bagian tubuh yang mudah berkeringat dan menimbulkan bau sebelum mandi juga dapat dilakukan untuk mengatasi bau badan.

4. Daun Sirih
Manfaat daun sirih untuk menghilangkan bau badan memang sudah sangat terkenal. Kandungan beberapa bahan seperti eogenol, kavinol, karvakol dan zat samak yang membantu mengusir bau badan. Tumbuhan ini juga telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar sabun organ vital wanita. Kalian dapat merebus beberapa lembar daun sirih dengan air. Kemudian tambahkan madu atau gula pasir untuk menghilangkan rasa ketir dan minum air rebusan tersebut secara rutin. Atau kalian dapat menuangkan air rebusan daun sirih ke dalam bak mandi.

5. Cuka Apel
Cuka merupakan antiseptik alami yang dapat membantu membunuh bakteri atau jamur di area-area bermasalah. Selain itu, ada asam tartar pada apel yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Asam asetat di dalamnya juga berfungsi sebagai antimikroba. Kalian dapat mengoleskan cuka apel dengan kapas pada bagian yang sering bau sebelum mandi.

Itulah 5 bahan dan cara mengatasi bau ketiak secara alami, kalian juga harus ingat untuk menghilangkan bau ketiak adalah dengan cara merawat kebersihan diri sendiri, biasakan mandi dua kali sehari pada pagi dan sore hari ya!

0 Response to 5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Post a Comment