Atasi Muntah Pada Anak Dengan Cara Berikut Ini

apotek online

Jika anak muntah-muntah bisa jadi karena berbagai hal. Selain itu, dikhawatirkan dapat terkena penyakit berbahaya. Penanganan pertama muntah anak harus sigap dan jika diperlukan dapat dibawa ke dokter. Anda harus tahu apa penyebab muntah pada anak dan penangannya dengan menyimak ulasan berikut.

Beberapa Penyebab Muntah 

Penyebab anak mengalami muntah bisa jadi karena infeksi mikroorganisme atau Gastroenteritis pada sistem pencernaan. Dalam dunia kedokteran dikenal dengan stomach flu (flu perut). Biasanya diawali dengan demam, diare, dan nyeri perut.

Bisa jadi anak mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung zat beracun secara tidak sengaja. Misalnya dalam obat-obatan dan makanan instan. Selain itu, penyebab muntah karena adanya alergi makanan.

Alergi makanan akan disertai dengan gatal-gatal dan kulit merah pada bagian tubuh tertentu. Dapat juga dikarenakan peradangan usus buntu atau apendisitis. Sehingga perut akan terasa nyeri parah sepanjang waktu.

Jika anak menggerakkan tubuh berlebihan seperti berlari, melompat, dan berayun bisa mengakibatkan mual dan muntah. Serangan penyakit lain seperti infeksi saluran kemih, nfeksi telinga, meningitis, stress pada anak bisa mengakibatkan muntah-muntah.

Cara Menangani Muntah

1.Saat berada dirumah
Langkah awal ketika melihat anak anda muntah-muntah adalah memberikan air putih. Tujuannya untuk menghidari terjadinya dehidrasi. Selanjutnya, baru anda dapat menyuguhkan cairan elektrolit seperti oralit. Oralit yang diberikan sesuai kondisi fisik anak atau berdasarkan petunjuk dokter. Jangan paksakan anak anda meminum oralit ketika masih muntah.

Oralit biasanya berupa bubuk yang dapat dicampurkan dengan air. Kandungan oralit sangat aman yakni mineral dan gula dan mineral dapat menggantikan zat yang hilang setelah muntah.Jika anak anda berussia 12-18 bulan maka dapat memberikan air madu, ASI, dan sirup sebanyak 1-2 sendok makan. 

Selain itu, dapat diberikan seduhan jahe atau teh hangat untuk meredakan rasa mual. Sup kaldu juga dapat dikonsumsi untuk memberikan rasa nyaman dan hangat pada perut.

2.Berkonsultasi ke Dokter
Jika anak muntah-muntah sebaiknya tidak sembarangan memberikan obat yang meredam rasa mual. Selain itu, hindari pemberian obat dengan kandungan aspirin karena berisiko mengakibatkan sindrom reye.

Anda dapat membeli obat melalui apotek online jika dapat keluar rumah. Tetapi harus melihat penyebab muntah dan kondisi fisik si kecil. Oleh karena itu, lebih baik konsultas ke dokter terlebih dahulu. Sebab dokter akan memberikan aturan pemakaian dan dosis obat sesuai berat badan dan umur anak.

0 Response to Atasi Muntah Pada Anak Dengan Cara Berikut Ini

Post a Comment