Berapa Sih Kebutuhan Air Minum yang Tepat untuk Anak?

Aqua Galon

Tak hanya orang dewasa, anak0anak juga perlu memnuhi kebutuhan air di dalam tubuh, Bahkan karena aktivitasnya yang kebih banyak, kebutuhan air minum anak-anak bisa dibilang lebih besar daripada orang dewasa. Sepatutnya, kebutuhan air minum anak-anak menjadi perhatian khusus yang penting bagi untuk orang tua.

Muncullah pertanyaan berapa sih kebutuhan air minum yang tepat untuk Anak? Kekurangan cairan atau dehidrasi pada anak dapat menyebabkan hal-hal buruk terjadi pada anak yang menyerang baik fisik maupun mental mereka. Sebagai orang tua yang baik, Anda perlu mencukupi kebutuhan air minum anak dengan sebaik-baiknya.

Jumlah yang Dibutuhkan Setiap Anak Berbeda tergantung Usia
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) secara resmi mengelompokkan kebutuhan air minum setiap anak berdasarkan usia, jenis kelamin, massa otot dan lemak tubuh. Bayi berusia 0-6 bulan misalnya membutuhkan cairan sebanyak 700 ml per hari. Kemudian bayi berusia 7-12 bulan membutuhkan 800 ml per hari.

Balita berusia 1-3 tahun diberi cairan sebanyak 1,3 liter per hari. Untuk anak 4-8 tahun jumlahnya meningkat hingga 1,7 liter per hari. Anak yang sudah mulai besar hingga usia 9-13 tahun mebutuhkan setidaknya 2,4 liter per harinya (laki-laki). Anak perempuan membutuhkan 2,1 liter per harinya.

Pemenuhan Air Minum Keluarga
Keluarga memegang peranan penting dalam pemenuhan air minum anak setiap harinya. Berikan anak air mineral yang cukup dari air minum yang dikonsumsi keluarga, bisa berasal dari air rebusan kran atau air galon. Air galon bisa menjadi pilihan praktis seperti Aqua misalnya yang bisa diperoleh secara langsung di toko-toko seperti Alfamart. Silakan cek sendiri harga Aqua galon di Alfamart.

Aqua jelas terjaga kualitasnya karena mengandung mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Hal ini diketahui karena Aqua berasal dari sumber mata air pegunungan. Selain itu, pemenuhan kebutuhan air minum anak bisa juga dilakukan dengan penambahan sumber cairan lain selain air putih. Misalnya adalah susu maupun dari cairan buah (jus dan sejenisnya).

0 Response to Berapa Sih Kebutuhan Air Minum yang Tepat untuk Anak?

Post a Comment