Ketahui Kegunaan NPWP yang Jarang Diketahui

Guna NPWP

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan sesuatu yang sangat penting dimiliki oleh UMKM. Bukan hanya pelaku usaha, tetapi NPWP juga penting dimiliki oleh pribadi yang menerima penghasilan di seluruh Indonesia. NPWP sendiri diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak dalam bentuk nomor identifikasi. Kepemilikan NPWP ini sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan bidang perpajakan. 

Jadi NPWP dibagi menjadi dua jenis, yaitu NPWP Pribadi dan juga NPWP Badan. Jika Anda merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan maka yang harus Anda miliki adalah NPWP Pribadi. Sedangkan untuk pemilik perusahaan maka wajib memiliki NPWP Badan dan NPWP Pribadi. Berikut ini kegunaan dari Nomor Pokok Wajib Pajak:

Mempermudah Pengajuan Kredit Bank
Saat ingin mengajukan kredit ke bank, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah memiliki NPWP. NPWP ini nantinya digunakan untuk jaminan dalam mencairkan dana. Selain itu juga digunakan sebagai identitas peminjam saat bank akan memotong PPh Pasal 23 bunga pinjaman.

Untuk Mengajukan dan Membuat SIUP
NPWP juga menjadi syarat sebelum pemerintah Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP kepada suatu perusahaan. Dengan memiliki SIUP, maka perusahaan tersebut telah mendapatkan pengesahan dari pemerintah atau negara. 

Mendapat Keringanan Tarif Pajak
Jika seseorang atau suatu badan tidak memiliki NPWP, maka jumlah PPh Pasal 21 yang harus dibayarkan akan lebih besar. Selisihnya adalah sebesar 20 persen lebih tinggi daripada jumlah yang dikenakan kepada wajib pajak yang memiliki NPWP. Bahkan, PPh Pasal 23 yang harus dibayarkan oleh wajib pajak yang tidak punya NPWP akan dua kali lipat lebih besar. 

Terhindar Sanksi Pidana
Jika Anda merupakan warga negara yang seharusnya memiliki NPWP tetapi tidak memilikinya, maka Anda pasti akan terkena sanksi pidana. Pidana yang diberikan adalah berupa hukuman minimal 6 bulan penjara dan maksimal 6 tahun penjara.

Untuk Pembuatan Paspor
Bagi warga Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri, maka diwajibkan untuk memiliki paspor. NPWP pun menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk pembuatan paspor selain KTP dan Kartu Keluarga. 

Mengurus Restitusi
Jika Anda sudah telanjur membayar pajak dengan nominal yang melebihi jumlah seharusnya, Anda bisa mengambil lagi kelebihan tersebut dengan mengurus restitusi. Namun, untuk pengurusan restitusi Anda harus memiliki NPWP. 

Manajemen keuangan merupakan hal yang harus dikuasai oleh siapa pun, terutama pemilik usaha. Nah, untuk membantu Anda dalam mengontrol keuangan diperlukan aplikasi BukuKas yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk pengelolaan catatan keuangan. 

Selain itu, BukuKas juga dapat digunakan sebagai pengingat ketika waktunya membayar pajak sehingga tak perlu khawatir akan telat melakukan pembayaran. Kerennya lagi, aplikasi ini tidak berbayar sehingga tidak menambahi beban pengeluaran Anda. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? Jika iya, kunjungi website BukuKas sekarang juga! https://www.bukukas.co.id 

0 Response to Ketahui Kegunaan NPWP yang Jarang Diketahui

Post a Comment