Umat Islam Harus Tahu, Inilah Doa Minta Kesembuhan Dari Bala Penyakit

 

Doa Kesehatan Kesembuhan

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk senantiasa berdoa dan berikhtiar mencari jalan kesembuhan saat mengalami sakit. Pasalnya, doa merupakan senjata paling ampuh bagi kaum Muslimin dan Muslimah agar terbebas dari berbagai cobaan, termasuk dari bala penyakit. Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan memberikan kumpulan doa minta kesembuhan dari bala penyakit. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan di bawah ini. 

1. Doa Nabi Muhammad SAW Untuk Sa’ad bin Abi Waqash yang Tengah Sakit

Kala itu Sa’ad bin Abi Waqash merupakan salah satu orang Arab jahiliyah pertama yang memeluk agama Islam. Bahkan, ia juga adalah sahabat yang sangat penting dan dicintai oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, ketika Sa’ad bin Abi Waqash sakit, Rasulullah SAW memohon kesembuhan kepada Allah dengan membaca doa:“Allahummasyfi Sa’dan. Allahummasyfi Sa’dan. Allahummasyfi Sa’dan” yang artinya “Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad. Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad. Tuhanku, berikan kesembuhan Sa’ad.” 

Dari sana kita bisa mencontoh doanya Nabi Muhammad SAW, yang mengganti nama Sa’ad dengan nama keluarga, kerabat, maupun sahabat yang tengah sakit. Misalkan saja ada temanmu yang tengah sakit bernama Asep, maka doanya adalah “Allahummasyfi Asep. Allahummasyfi Asep. Allahummasyfi Asep.” 

2. Doa Nabi Muhammad SAW Untuk Salman Al-Farisi RA yang Tengah Sakit

Selain meminta kesembuhan, Rasulullah SAW juga mencontohkan doa untuk meminta ampunan dan perlindungan dari Allah SWT untuk orang yang sakit. Ketika Nabi Muhammad SAW menjenguk sahabatnya Salman Al-Farisi RA (Abu Abdullah) yang berasal dari Persia, Rasulullah pun berdoa “Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa afaka fi dinika wa jismika ila muddati ajalika”

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang tengah sakit), semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu, mengampuni segala dosamu dan mengafiatkanmu dalam segala hal agama dan fisik sepanjang hidupmu.”

3. Doa Nabi Muhammad SAW Untuk Kesembuhan Nabi Ayyub dan Keluarganya

Pada hadist HR Bukhari dan Muslim, diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW juga pernah membacakan doa minta kesembuhan untuk Nabi Ayyub dan keluarganya. Adapun mengenai doanya seperti: “Allahuma rabbannas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi laa syifa’a illa syifa uka, syifa’an laa yughadiru saqaman.” 

Artinya: “Ya Allah Tuhan Manusia, musnahkanlah segala rasa sakit ini. Berikanlah kesembuhan, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakit apapun.”

4. Doa yang Disebut Nabi Muhammad SAW Sebagai Obat Dari Segala Penyakit

Selain ketiga doa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW diatas tadi, surat Al-Fatihah juga bisa kita jadikan doa untuk meminta kesembuhan. Bahkan, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa surat AL-Fatihah ini adalah obat dari segala penyakit lho. Hal tersebut juga sesuai dengan dengan yang diriwayatkan dalam hadist H.R ad-Darimiy dan Al-Baihaqi, Nabi Muhammad SAW bersabda “Pada Fatiha Al-Kitab terdapat obat untuk segala peyakit.”

Sedangkan pada hadist H.R Al-Baihaqi, Abu Syaikh mengisahkan, Rasulullah SAW bersabda “Fatihahu al-Kitab (surat Al-Fatihah) adalah obat untuk menawarkan racun.” Menurut para ulama, kita juga bisa membaca sholawat Tibbil Qulub sebanyak 10 kali sebagai bagian dari rangkaian doa meminta kesembuhan kepada Allah SWA. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai kumpulan doa minta kesembuhan dari bala penyakit, yang sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.   

0 Response to Umat Islam Harus Tahu, Inilah Doa Minta Kesembuhan Dari Bala Penyakit

Post a Comment